Banyuwangi, Surga di Timur Jawa yang Kaya Pesona

Banyuwangi adalah salah daerah paling timur pulau Jawa yang sangat layak untuk masuk dalam daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Kota yang dijuluki ‘The Sunrise of Java’ ini punya sejuta pesona yang bisa menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia.

 

Banyuwangi pun cukup mudah diakses oleh wisatawan. Kita hanya perlu memesan tiket pesawat murah domestik ke Surabaya menggunakan maskapai ekonomis seperti Lion Air. harga tiket pesawat Lion Air ke Surabaya dari Jakarta dan daerah lain tergolong cukup murah. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan kembali melalui udara atau menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, Banyuwangi juga bisa diakses menggunakan kereta api.

 

Aset pariwisata pertama yang dimiliki Banyuwangi adalah gunung Ijen. gunung setinggi 2.443 mdpl ini adalah tempat favorit para turis asing dan fotografer. Pemandangan alam yang terpancar di sana benar-benar epic, terutama saat langit sudah gelap. Di malam hari, pengunjung bisa melihat sebuah fenomena alam yang sangat langka, yaitu api biru yang muncul di kawah gunung Ijen. Konon, pemandangan seperti ini hanya ada dua di dunia. Selain Banyuwangi, fenomena unik seperti ini hanya bisa ditemui di Islandia.

 

Namun, api biru yang muncul di kawah gunung Ijen bukanlah api dalam arti sesungguhnya seperti slogan para produsen kompor gas. Ini hanyalah sebuah reaksi kimia dari gas belerang dari dalam tanah yang bertemu dengan oksigen di permukaan.

 

Jika berkunjung ke gunung Ijen saat langit malam sedang cerah, akan ada sebuah pemandangan yang luar biasa indahnya. Pengunjung akan melihat warna biru di darat, dan gemerlap bintang di langit. Makanya, gunung Ijen menjadi tempat yang sangat ingin dikunjungi oleh para pecinta fotografi.

 

Selain gunung Ijen, Banyuwangi juga punya pantai yang sangat menawan. Garis pantainya pun sangat panjang, yaitu mencapai 175,8 km. Makanya, Banyuwangi juga sering dijuluki sebagai Kota Bahari. Di antara pantai yang tersebar di pesisir Banyuwangi, ada pantai yang namanya sangat tersohor sampai mancanegara, yaitu pantai Plekung atau yang dikenal dengan sebutan G-Land.

Pantai yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini adalah tempat favorit para selancar nomor wahid dari seluruh dunia. Saat berada di sini, pengunjung akan disajikan pamandangan yang indah sekaligus aksi fantastis dari para surfer kawakan. Berbagai ajang selancar berkelas Internasional pun sering digelar di sini.

 

Hal ini karena pantai Plekung memiliki ombak yang sangat menantang bagi para surfer. Bahkan ombak di Plekung dikategorikan sebagai satu dari tujuh ombak terbaik untuk selancar di dunia. Jadi, pantai yang berhadapan dengan Samudra Hindia ini layak disejajarkan dengan pantai yang ada di kepulauan Hawai.

 

Di G-Land, ombak paling besar bisa mencapai 8 meter dengan panjang hingga 2 km. Ombak-ombak ini pun membentuk formasi yang tersusun hingga 7 gelombang. Makanya tak heran kalau banyak peselancar terbaik dunia yang tertantang untuk menguji kemampuannya di sini.

 

Namun, G-Land bukan hanya pantai yang cocok untuk peselancar profesional saja. Soalnya di sana terdapat tiga area yang terdiri dari Kong Waves yang ombaknya bisa mencapai 6-8 meter, Speedis Waves dengan ombak setinggi 5-6 meter, dan Many Track Waves untuk pemula yang ombaknya hanya mencapai 3-4 meter. Pantai ini juga bukan hanya menarik untuk peselancar saja karena pemandangan di sana cukup menakjubkan dan tenang.

 

Selain G-Land, masih banyak pantai lainnya di Banyuwangi yang sama-sama bersaing untuk menarik perhatian para wisatawan. Ada pantai Pulau Merah, pantai Teluk Hijau, pantai Watu Dodol, pantai triangulasi, pantai Cungur, sampai pantai Rajegwesi. Di Banyuwangi pun wisatawan bisa melihat kehidupan alami sekawanan penyu. Lalu, Banyuwangi juga punya air terjun yang anggun seperti air terjun Lider dan Kalibendo.

 

Lalu, jangan lupakan Alas Purwa, yaitu taman nasional di ujung Banyuwangi yang juga menauingi pantai Plekung. Di Alas Purwo terdapat hutan yang sangat lebat dan dipercaya sebagai salah satu hutan tertua di pulau Jawa. Hutan ini adalah habitat yang baik bagi ratusan sepesies hewan. Namun dibalik lebatnya hutan Alas Purwo, terdapat banyak misteri yang belum terpecahkan. Misteri inilah yang membuat Taman Nasional Alas Purwo begitu menarik dan istimewa. Di Alas Purwo juga terdapat sebuah situs yang dipercaya sebagai peninggalan kerajaan Majapahit, yaitu pura Alas Purwo.

 

Dengan pesona yang begitu kaya, sudah jelas kalau Banyuwangi adalah salah satu aset pariwisata terbaik yang ada di Jawa Timur. Jadi tunggu apalagi, ayo cek harga tiket pesawat Lion Air dari sekarang untuk berkunjung ke Banyuwangi.


Untuk mendapat harga tiket pesawat Lion Air dengan penawaran terbaik, kamu bisa pesan Tiket pesawat murah domestik di reservasi.com.

IBX59777447A1B15