Penduan Berobat Gratis di Rumah Sakit

cara berobat gratis di rumah sakit

Bidang kesehatan merupakan yang paling esensial di Indonesi. Semakin banyak warga yang kurang mampu yang tidak bisa mendapatkan pengobatan yang layak. Banyaknya kasus penolakan oleh rumah sakit dikarenakan biaya pengobatan, pemerintah akhirnya mengambil tindakan. Salah satunya ialah dengan mengeluarkan KIS  atau Kartu Indonesia Sehat.

Kartu Indonesia Sehat ini merupakan salah satu program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo. Program ini telah direncakan oleh Pak Jokowi ketika beliau memulai kampanye untuk pemilihan presiden. Kartu Indonesia Sehat merupakan kartu yang diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Dengan Kartu Indonesia Sehat ini, mereka memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Kartu Indonesi Sehat yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi terbukti mampu membantu masyarakat. Pasalnya, Kartu Indonesia Sehat ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan pada tingkat satu dan tingkat lanjutan. Pelayanan yang diberikan juga berdasarkan penyakit yang diderita oleh penerima kartu ini.

Sebenarnya, pemerintah telah mengeluarkan jaminan kesehatan sebelum terbitnya Kartu Indonesia Sehat. KIS atau Kartu Indonesia Sehat ini hanyalah pengembangan dari program JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. JKN sendiri telah diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2014. Namun, Kartu Indonesia Sehat memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan JAmina Kesehatan Nasional (JKN).

Kartu Indonesia Sehat merupakan program jaminan kesehatan bagi penduduk Indonesia. Kartu ini dikhususkan hanya untuk fakir miskin dan juga  masyarakat yang kurang mampu untuk membayar iuran kesehatan. Jika dilihat dari segi kuantitas, sasaran Kartu Indonesia Sehat lebih  banyak dibandingkan Jaminan Kesehatan Nasional.

Penerima Kartu Indonesia Sehat kini berjumlah 1,7 juta jiwa. Jumlah ini berasal dari warga masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) pada tahap awal. Jika dilihat dari segi kualitas, Kartu Indonesia Sehat memberikan manfaat yang lebih dalam segi kesehaan. Hal ini dikarenakan Kartu Indonesia Sehat mencakup seluruh layanan kesehatan baik masyarakat maupun perseorangan. Terlebih lagi, bagi para pemegang Kartu Indonesia Sehat, akan mendapat jaminan kesehatan.

Prosedur penggunaan Kartu Indonesia Sehat juga tidak jauh berbeda dari penggunaan jaminan kesehatan.  Penggunaan Kartu Indonesia Sehat tetap melalui jalur rujukan berjenjang seperti pada jaminan kesehatan. Untuk tahapan pertama, peserta pemegang Kartu Indonesia Sehat akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di tempat peserta terdaftar.

Biasanya FKTP adalah tempat yang dekat dengan alamat peserta Kartu Indonesia Sehat. Untuk selanjutnya, jika ada keluhan yang lebih mendalam, makan peserta akan dirujuk ke tahap yang kedua. Rujukan tahap kedua ini berlaku ketika peserta KIS memerlukan penanganan lebih lanjut. Jika kondisinya sudah melampaui batas gawat darurat, maka peserta KIS bisa langsung dibawa ke tahapan selanjutnya. Tidak hanya mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), keluarga / peserta yang terdaftar juga akan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera atau e-money, dan juga Kartu Indonesia Pintar.

IBX59777447A1B15